IT Forensic

Etika Bisnis

Halo semuanya, perkenalkan nama saya Jermia Edonie, NIM 222410101048, saya berasal dari program studi Sistem Informasi fakultas Ilmu Komputer, Universitas Jember

Kali ini saya akan membuat resume tentang materi Etika Bisnis yang diberi oleh Prof Slamin






Bisnis dan Etika Bisnis

Source

Bisnis

Bisnis adalah sebuah "entitas" yang bertujuan menciptakan barang dan jasa untuk dijual dan biasanya dengan keuntungan, bisnis juga merupakan organisasi yang produktif

Etika Bisnis

Suatu bentuk etika profesi yang mengatur prinsip etika dan masalah etika dalam lingkungan bisnis

Berlaku untuk semua aspek dalam bisnis mulai dari aspek produksi, distribusi, pemasaran, penjualan dan konsumsi barang dan jasa

Berasal dari individu, aturan organisasi, ataupun sistem hukum yang ada


Perlunya etika bisnis

Selain mempertaruhkan barang & uang untuk tujuan keuntungan, bisnis juga mempertaruhkan harga diri, bahkan nasib manusia yang terlibat, bisnis adalah bagian penting dalam masyarakat


Kata kunci etika bisnis

1. Morality/Akhlak

2. Behavior

3. Trust

4. Reliability

5. Responsibility

6. Principle

7. Relationship

8. Choice


Prinsip etika bisnis

Honesty, Avoid Conflicts, Compliance, Relevant Information, Law Abiding, Fulfilling Commitments


Prinsip etika bisnis 2

  • Tanggung jawab bisnis
  • Dampak ekonomis dan sosial dari bisnis
  • Perilaku bisnis: dari hukum yang tersurat ke semangat saling percaya
  • Sikap menghormati aturan
  • Dukungan bagi perdagangan multilateral
  • Sikap hormat lingkungan alam
  • Menghindari operasi-operasi bisnis yang tidak etis


Prinsip etika bisnis 3

  • Prinsip otonomi
  • Prinsip Kejujuran
  • Prinsip Keadilan
  • Prinsip Saling Menguntungkan
  • Prinsip Integritas Moral


Masalah dalam etika bisnis

Masalah etika dalam bisnis adalah sebuah masalah, situasi dan peluang yang dapat diidentifikasi yang mengharuskan seseorang untuk melakukan tindakan yang dapat dievaluasi sebagai tindakan yang benar atau salah, etis ataupun tidak etis. 

Jalan terbaik untuk menilai etis atau tidak etis dari sebuah keputusan/tindakan adalah dengan melihat dari sudut pandang customer dan kompetitor.


E-COMMERCE 

E-Commerce merupakan kemampuan perusahaan untuk menyediakan website dinamis pada internet yang dapat digunakan untuk melangsungkan bisnis secara elektronik, atau dengan kata lain memiliki sebuah toko online


Benefit E-Commerce

  1. Akses terhadap pasar global
  2. Penjualan langsung tanpa melalui perantara
  3. Usaha kecil dapat bersaing dengan perusahaan besar


Mungkin itu saja resume dari saya, terimakasih telah membaca ^_^

Komentar